Matematika Apakah yang dimaksud dengan Titik, Garis, ruas garis, dan sinar.​

Apakah yang dimaksud dengan Titik, Garis, ruas garis, dan sinar.​

Jawaban:

Titik

Titik sebagai ide dasar dalam geometri tidak didefinisikan. Ide tentang titik dapat dikaitkan dalam kehidupan keseharian kita misalnya sebagai ujung sebuah pensil yang rucing, ujung paku, ujung jarum, noktah yang menggambarkan kota Ende pada peta pulau Flores dan lain-lain. Contoh tersebut tidak memberikan gambaran pengertian yang tepat secara formal tentang titik dalam geometri. Suatu titik dalam geometri tidak mempunyai ukuran (panjang/lebar).

garis

Garis merupakan suatu himpunan titik, dengan kata lain suatu garis penuh dengan titik. Suatu garis dapat diperpanjang sekehendak kita pada kedua arahnya dan tidak memiliki tebal atau tipis. Seperti halnya suatu titik kita dapat memberikan nama pada garis biasanya dengan menggunakan huruf kecil.

Ruas Garis

Jika sebuah titik dibatasi oleh dua buah titik pada kedua ujungnya maka permulaanlah ia dengan ruas garis. Oleh karenanya ruas garis dapat diartikan dengan bagian dari garis yang terdiri dari gabungan beberapa titik dan dibatasi oleh dua titik yang berbeda pada kedua ujungnya.

Contoh ruas garis : sisi pada bangun datar.

Sinar Garis

Jika sebuah ruas garis digabungkan dengan himpunan beberapa titik tak terhingga maka disebutlah ia dengan sinar garis. Maka pengertian dari sinar garis adalah sebuah garis yang memiliki satu titik ujung dan ujung yang membentang tak terbatas.

JANGAN LUPA LIKE DAN BINTANG NYA YA

[answer.2.content]